cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 6 Documents clear
Pengaruh karakteristik inovasi dan saluran komunikasi terhadap keputusan adopsi inovasi dompet elektronik Zulham Dwi Nugroho; Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18538

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pengaruh Karakteristik Inovasi dan Saluran Komunikasi secara bersama – sama terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (2) Mengetahui pengaruh Karakteristik Inovasi terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (3) Mengetahui Pengaruh Saluran Komunikasi terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Dompet Elektronik pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel ditentukan dengan metode accidental sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamane. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 100 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket yang berisi pernyataan tertutup. Angket diuji validitas dengan korelasi product moment Pearson dan reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Karakteristik inovasi dan saluran komunikasi berpengaruh positif secara bersama – sama terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY sebesar 56,2% dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 0,05) (2) Karakteristik inovasi berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY, dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 0,05) (3) Saluran komunikasi berpengaruh positif terhadap keputusan adopsi inovasi pada mahasiswa UNY dengan nilai signifikasni 0,000 (0,000 0,05).This research aims to: (1) determine the effect of the characteristics of innovation and communication channels together on the decision to adopt e-wallet innovation in Yogyakarta State University students, (2) find out the effect of innovation characteristics on the decision to adopt e-wallet innovation in Yogyakarta state university students. (3) Knowing the Effect of Communication Channels on the Decision to Adopt Electronic Wallet Innovations in Yogyakarta State University Students. This research is a research with a quantitative approach. This research is an ex post facto research. The population of this research is Yogyakarta State University Students. The sample was determined by accidental sampling method and the number of samples was determined using the Yamane formula. The number of samples obtained were 100 students from the Faculty of Social Sciences, Faculty of Economics, Faculty of Sports Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Education and Faculty of Engineering. This study uses a questionnaire data collection technique that contains closed statements. The questionnaire was tested for validity with Pearson's product moment correlation and reliability with Cronbach's Alpha. The data analysis technique used multiple linear regression test. The results showed: (1) The characteristics of innovation and communication channels have a positive effect on the decision to adopt innovation in UNY students by 56.2% with a significance value of 0.000 (0.000 0.05) (2) The characteristics of innovation have a positive effect on decisions innovation adoption in UNY students, with a significance value of 0.000 (0.000 0.05) (3) Communication channels have a positive effect on innovation adoption decisions in UNY students with a significant value of 0.000 (0.000 0.05).
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Cicil.co.id Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Yogyakarta Khoirunisa Nurdiandra Putri; Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18539

Abstract

Abstrak   Penelitian ini membahas tentang Strategi komunikasi digital marketing yang dilakukan Cicil.co.id dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Cicil.co.id di Yogyakarta; dan (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Cicil.co.id dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran digital di Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi komunikasi pemasaran digital marketing Cicil.co.id terdiri dari pemanfaatan media sosial Instagram dan Adsencese, promo uang muka pada produk cicilan kampus, serta Key Opinion Leader yang dilakukan oleh Student Ambassador dalam meningkatkan order dan brand awareness di kalangan mahasiswa Yogyakarta. (2) Hambatan yang dialami oleh Cicil.co.id dalam menjalankan program unggulan dan strategi komunikasi digital marketing adalah (1) Hambatan internal berupa; instagram ads hanya di lakukan pada jangka waktu dan kota tertentu, tidak semua Student Ambassador Cicil.co.id melakukan promosi di saat yang bersamaan, dan penggunaan Key Opinion Leader yang masih sedikit frekuensinya sehingga tidak banyak berpengaruh pada conversion order. (2) Hambatan eksternalnya adalah kompetitor platform cicilan lain yang memiliki syarat dan ketentuan pengajuan cicilan lebih mudah dengan tenor atau jangka waktu yang lebih panjangKata kunci: Cicil.co.id, Strategi Komunikasi, Digital Marketing, Brand Awareness.Abstract            This study discusses the digital marketing communication strategy carried out by Cicil.co.id in an effort to increase brand awareness in Yogyakarta. This study aims to (1) describe the digital marketing communication strategy carried out by Cicil.co.id in Yogyakarta; and (2) To find out the obstacles faced by Cicil.co.id in implementing digital marketing communication strategies in Yogyakarta. The results of this study are (1) Cicil.co.id's digital marketing communication strategy consists of the use of Instagram and Adsense social media, down payment promos on campus installment products, and Key Opinion Leaders carried out by Student Ambassadors in increasing orders and brand awareness in Yogyakarta students. (2) The obstacles experienced by Cicil.co.id in carrying out superior programs and digital marketing communication strategies are divided into two. (1) Internal barriers in the form of; Instagram ads are only carried out for a certain period of time and city, not all Cicil.co.id Student Ambassadors do promotions at the same time, and the use of Key Opinion Leaders is still low in frequency and doesn't have much effect on conversion orders. (2) The external obstacle is competitors of other installment platforms that have terms and conditions for applying for easier installments with a longer tenor or period of time.Keywords: Cicil.co.id, Communication Strategy, Digital Marketing, Brand Awareness
POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PT. MARCOPOLO SHIPYARD BATAM Tania Klasinki; Suranto Aw
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18540

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pola komunikasi organisasi yang ada di PT. Marcopolo Shipyard Batam. (2) Mengetahui hambatan komunikasi PT. Marcopolo Shipyard Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Marcopolo Shipyard Batam yang terletak di Jl. Batu Aji, Kavling Lama, Dapur 12, Kota Batam, Kepulauan Riau. Sumber data didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 5 orang informan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Marcopolo Shipyard Batam memiliki tingkatan organisasi vertikal dan horizontal. Anggota PT. Marcopolo Shipyard Batam melakukan komunikasi melalui pertemuan rutin yaitu meeting yang mereka lakukan. Selain pertemuan offline, perpustakaan Sumber Ilmu juga memiliki media komunikasi berbasis online. PT. Marcopolo Shipyard Batam memiliki beberapa aliran komunikasi. Aliran komunikasi yang terdapat di PT. Marcopolo Shipyard Batam yaitu aliran komunikasi ke bawah, ke atas, dan horizontal. Di PT. Marcopolo Shipyard Batam terdapat komunikasi internal dan komunikasi eksternal. PT. Marcopolo Shipyard Batam memiliki pemimpin yang jelas dan antar anggota dapat mengirimkan dan menerima pesan. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Marcopolo Shipyard Batam memiliki pola komunikasi roda. Hambatan yang terjadi di PT. Marcopolo Shipyard Batam merupakan hambatan yang bersifat fisik. Hambatan tersebut terjadi karena hal yang tidak terduga, yaitu pandemi global yang membuat beberapa kegiatan kurang efektif dalam pelaksanaannya. Baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal di PT. Marcopolo Shipyard Batam terdapat gangguan mekanik. The purpose of this research is: (1) knowing communication pattern organizations in PT. Marcopolo Shipyard Batam. (2) knowing barrier of communication in PT. Marcopolo Shipyard Batam. This study using a qualitative approach with a descriptive method. This study was conducted in Sumber Ilmu Library which located on Jl. Batu Aji, Kavling Lama, Dapur 12, Kota Batam, Kepulauan Riau. Data obtained from in-depth interviews with purposive sampling technique involving five people informants. This study using a technique data analysis Miles and Huberman models. The data validity of the research is triangulation. The result showing that the library has levels of vertical and horizontal. Organization members of the library communicating through routine meetings. Besides offline meeting, they are also has an online meetings. The library having several streams communication The flow of communication in this library are downward, upward and horizontal. In PT. Marcopolo Shipyard Batam has internal and external communications. The leader of the science has clear and among members can send and receive messages. So, the conclusion can be drawn that the source of the communication has wheel pattern of communication. Obstacles that occur in PT. Marcopolo Shipyard Batam of the obstacles is the physical. Obstacles is caused by the unexpected, the global pandemic that makes some activities less effective in their implementation. Both internal and external communications in PT. Marcopolo Shipyard Batam there is a mechanical obstacles.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL DALAM PENGELOLAAN INFORMASI BAGI PUBLIK MELALUI PROGRAM ACARA “TAMAN PASEBAN” Novia Agri Kusumaningrum; Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18541

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Bantul dalam mewujudkan implementasi kebijakan keterbukaan informasi bagi publik melalui acara “Taman Paseban” dan mengetahui sosialisasi acara “Taman Paseban” melalui media komunikasi yang dikelola oleh Diskominfo Bantul dalam upaya publikasi program acara kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan data berupa wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Penerapan model Hafied Cangara mengenai strategi komunikasi yang dapat berjalan dengan baik berdasarkan bentuk dari kerjasama antara Diskominfo Bantul dengan instansi terkait, yaitu CV. Pita Biru advertising dan TVRI stasiun televisi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah suatu program acara berbentuk talk show yang bermaterikan tema mengenai berbagai program kebijakan pemerintah. (2). Penggunaan media komunikasi publik, yaitu sosial media yang dikelola oleh Diskominfo Bantul dengan mengunggah poster gambar dan ditambahkan keterangan tulisan sebagai informasi acara untuk dibagikan kepada masyarakat agar menonton siaran program “Taman Paseban”.Kata kunci: Strategi Komunikasi, Informasi Publik, Acara “Taman Paseban”AbstractThe goal of this research is to determine the communication strategy used by the Bantul Regency Communication and Information Office (Diskominfo kabupaten Bantul) in implementing public information disclosure policies through the "Taman Paseban" event and knowing about the socialization of the "Taman Paseban" event through communication media administered by the Diskominfo kabupaten Bantul in order to publicize the event program to the Bantul regency community. This is a descriptive qualitative study with primary data collected through semi-structured interviews and secondary data collected through document studies. The findings of this study show that: (1) The Hafied Cangara model may be applied to a communication strategy that works well when it is based on a type of cooperation between the Diskominfo Kabupaten Bantul and the necessary agencies, especially CV Pita Biru advertising and TVRI, the Yogyakarta Special Region television station, present a chat show with a focus on various government policy programs. (2). The use of public communication platforms, including as social media administered by Diskominfo kabupaten Bantul, to share event information with the public by uploading picture posters and adding written descriptions as event information to watch the "Taman Paseban" program broadcast. Keywords: Communication Strategy, Information for the Public, “Taman Paseban” Event.
ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM “MOXIE” Rosanna Saskhia; Suranto Aw
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18542

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi ketidakadilan gender pada film Moxie dengan bingkai metodologis analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Metode penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Dan film Moxie sebagai objek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini merupakan signifier (penanda) dan signified (petanda). Uji keabsahan data dilaksanakan dengan triangulasi sumber. Analisis data yang dimanfaatkan merupakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film yang diteliti yaitu Moxie mereprentasikan bentuk ketidakadilan gender yang berbentuk marginalisasi, stereotip, subordinasi, serta kekerasan dengan potongan adegan atau scene yang berbeda-beda. Bentuk marginalisasi yang terdapat dalam film “Moxie” mencakup tindakan peminggiran dimana tidak adanya kesempatan untuk berpendapat, mendapatkan akses atau fasilitas yang setara, serta pengontrolan terhadap tubuh perempuan. Selanjutnya bentuk stereotip yang ditampilkan merupakan pandangan bahwa perempuan menyandang sifat emosional  irasional, dan merupakan kaum inferior yang pantas untuk dilabeli apapun, khususnya label yang melekat pada tubuh perempuan berkulit hitam. Bentuk subordinasi yang ditampilkan dalam film “Moxie” merupakan tidak adanya kesempatan yang sama antar gender untuk berperan penting dalam kehidupan bersosial, peminggiran terhadap penyandang difabel, serta supremasi kaum laki-laki. Sedangkan untuk bentuk kekerasan yang ditampilkan merupakan ditepuknya bokong, minuman yang diludahi, penggodaan serta pemegangan tubuh secara seksual, serta tindakan pemerkosaan. Seluruh bentuk ketidakadilan gender yang digambarkan dalam film “Moxie” hanya terjadi pada kaum perempuan.This study aims to determine the representation of gender inequality in the movie “Moxie” with a methodological frame of Ferdinand de Saussure's semiotic analysis. The research method used in this research is Ferdinand de Saussure's semiotic analysis method. And the movie “Moxie” as the object of this research. Data collection techniques used in this study are signifier and signified. Test the validity of the data is carried out by triangulation of sources. The data analysis used is Ferdinand de Saussure's semiotic analysis. The results showed that the film “Moxie”, represents forms of gender injustice in the form of marginalization, stereotypes, subordination, and violence with different cut scenes. The form of marginalization contained in the film "Moxie" includes where there is no opportunity to have an opinion, get equal access or facilities, and control over womens bodies. Furthermore, the stereotype that is displayed is the view that women have irrational and emotional traits, and are inferiors who deserve any kind of labeling, especially the label attached to black women's bodies. The form of subordination shown in the film "Moxie" is the absence of equal opportunities between genders to play an important role in social life, marginalization of people with disabilities, and the supremacy of men. As for the forms of violence that are shown are slapping the buttocks, spitting on drinks, sexual seduction and body holding, and acts of rape. All forms of gender inequality depicted in the movie "Moxie" only occur to women.
TWITTER DAN FENOMENA DINAMIKA INTERPRETASI K-POP (Analisis Isi Pesan Pada Twitter Dalam Akun @hi_chena) Kiki Salma Afrizalia
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 4 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i4.18537

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk (1) menganalisis isi pesan yang terkandung dalam unggahan akun @hi_chena pada media sosial twitter, (2) mengetahui bagaimana pesan tersebut disampaikan kepada khalayak, (3) mengetahui karakteristik pesan yang diunggah, (4) mengetahui bentuk penerimaan pesan terhadap teks maupun gambar yang diunggah. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan studi dokumentasi pada pesan dalam akun @hi_chena dengan ketentuan tingkat interaksi tinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini didapatkan 247 unggahan dengan kategori yang berbeda yaitu konten pribadi, retweet/quote tweet, dan penggunaan tagar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun label negatif yang diterima atas opini pribadinya, sebagian besar konten dalam akun @hi_chena bermuatan positif dan informatif. Pemilik akun @hi_chena menyampaikan kritik dan keluhannya dengan harapan-harapan tertentu. Karakteristik penyampaian pesan oleh akun @hi_chena yang tegas dan eksplisit serta didukung dengan penggunaan kata yang kurang terpilah menimbulkan arti yang berbeda-beda.This research is a qualitative research with descriptive method which aims to (1) analyze the message content contained in the @hi_chena account upload on twitter social media, (2) find out how the message is conveyed to public, (3) determine the characteristics of the uploaded message, (4) determine the form of receiving messages for uploaded texts and images. The research data was obtained through observation and documentation studies on messages in the @hi_chena account with a high  interaction. The number of samples in this study obtained 247 uploads with different categories, namely personal content, retweet/quote tweets, and the use of hashtags. The results showed that despite the negative label she/he received for his/her personal opinion, most of the content in the @hi_chena account was positive and informative. The account @hi_chena conveys his criticisms and complaints with certain expectations. The characteristics of the message delivery by @hi_chena that are firm and explicit and supported by the use of less segregated words give rise to different meanings

Page 1 of 1 | Total Record : 6